Monday, November 18, 2013

Nepenthes globosa

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
1

N. globosa 'b' (JKMR KTKI) pitcher of paradise
N. globosa 'b' (JKMR KTKI)

Nepenthes globosa berhabitat asli di negara Thailand, khususnya di pulau Phang Nga dan kota Trang [1]. Jenis Kantong Semar ini pertama kali diberi nama Nepenthes globosa oleh Shigeo Kurata pada tahun 2007. Tapi kemudian dikoreksi menjadi N. mirabilis var. globosa karena dianggap hanya merupakan varian dari N. mirabilis dan bukan merupakan species tersendiri. Kantong Semar ini juga dikenal dengan nama Nepenthes viking. Menurut deskripsi Clarke, C., Kantong Semar ini hidup pada tanah berpasir yang terletak pada padang terbuka atau padang rumput pada ketinggian 0 meter diatas permukaan laut.

Nepenthes globosa adalah tanaman yang sangat mudah dipelihara. Sesuai dengan deskripsi Clarke, C. diatas, Kantong Semar ini paling baik dipelihara dengan terpapar sinar matahari fullsun. Semakin cerah dan lama sinar matahari yang memapar Kantong Semar ini, maka kantongnya akan berwarna semakin merah dan besar. Penggunaan media standard yaitu campuran antara cocopeat dan cocochip sudah cukup untuk membuat Kantong Semar ini tumbuh subur pada kebun anda. Walaupun kami mengamati bahwa Kantong Semar ini cukup toleran dengan kekeringan, tapi untuk tetap menjaga kesuburan Kantong Semar ini, kami tetap menyarankan agar anda menyiramnya dua kali sehari hingga medianya becek. Kantong Semar ini dikenal mempunyai akar yang lebat, sehingga mungkin anda perlu melakukan pengepotan ulang yang lebih sering untuk menjaga agar akar-akarnya tetap tertanam dengan baik pada media tanamnya.

Nepenthes globosa juga mempunyai beberapa varian bentuk kantong. Ada kantong yang mempunyai pinggang seperti yang terlihat pada gambar diatas dan juga ada kantong yang setelah dewasa, tidak mempunyai pinggang seperti gambar dibawah ini.

N. globosa 'a' (Thailand)

Nepenthes globosa juga biasa dipakai sebagai tanaman pengadaptasi species-species Kantong Semar HL, dengan cara dikawin-silangkan. Dengan gen yang tidak dominan, hybrid N. globosa dengan species Kantong Semar HL masih akan membentuk kantong yang lebih condong bentuknya ke bentuk kantong dari species Kantong Semar HL yang disilangkan dengan N. globosa tersebut. Dengan melakukan hal ini, para hobiis Kantong Semar yang tinggal di LL, setidaknya masih bisa menikmati keindahan bentuk kantong dari Kantong Semar HL.

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

No comments:

Post a Comment