Thursday, October 10, 2013

Bagaimana anda tahu bahwa kami hanya memasarkan Kantong Semar hasil budidaya dan bukan cabutan alam ?

Dasar penulisan artikel ini, adalah
1) Studi literatur.
2) Sharing pengalaman pribadi.

Kami selalu berusaha untuk mendukung upaya pelestarian tanaman Kantong Semar dengan cara melakukan budidaya dan pemasaran Kantong Semar hasil budidaya untuk menurunkan permintaan pasar akan Kantong Semar hasil cabutan alam (Wild poached pitcher plant). Kami melakukan budidaya dengan cara perbanyakan vegetatif yaitu dengan cara stek batang (Rooted stem cutting) dan pemisakan anakan (Shoot split).

Kebun Pitcher of Paradise
Budidaya vegetatif Kantong Semar di kebun kami.

Beberapa waktu lalu ada seseorang yang bertanya kepada kami, "Bagaimana anda menjamin bahwa tanaman yang anda tawarkan adalah hasil budidaya dan bukan cabutan alam ?. Kami sangat senang mendapat pertanyaan itu dan kami selalu mendorong setiap calon pembeli tanaman Kantong Semar untuk selalu bertanya kepada vendor yang menjual Kantong Semar tersebut kepada mereka.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, marilah kita meninjau beberapa hal berikut untuk bisa membedakan antara Kantong Semar hasil cabutan alam dan Kantong Semar hasil budidaya.

1) Untuk species asli Indonesia dan hybrid alamnya
Kantong Semar cabutan alam dapat dengan langsung dilihat dari kondisi fisiknya. Daun Kantong Semar cabutan alam yang ditawarkan oleh poacher (Pemburu liar) biasanya mempunyai tanda-tanda alami berikut ini:
  • bekas gigitan serangga pada daunnya
  • bercak-bercak pada daunnya
  • tepian daun yang menguning
  • luka bakar pada daun (Sun burn mark)
  • dan lain-lain yang intinya adalah daunnya tidak mulus dan tidak berwarna hijau segar.
Hal-hal tersebut diatas adalah hal-hal alami yang biasa diderita oleh Kantong Semar di alam akibat kondisi yang tidak terkontrol, seperti adanya belalang yang menggigit daun, perubahan cuaca dan lain-lain.
Nepenthes cabutan
Kantong Semar cabutan alam.
(Dari dokumentasi probadi dan wikipedia)

Lain halnya dengan Kantong Semar hasil budidaya, Kantong Semar hasil budidaya cenderung mempunyai bentuk daun yang mulus dan berwarna hijau segar. Hal itu karena dalam proses membudidayakan Kantong Semar, semua hal diusahakan untuk dikontrol, misalnya dengan menggunakan green house dan paranet. Sehingga keberadaan hama seperti belalang yang bisa menggigiti daun juga bisa diminimalkan atau resiko sunburn pada daun juga bisa diminimalkan dengan menggunakan paranet. Maka tidak heran jika Kantong Semar-Kantong Semar hasil budidaya selalu mempunyai fisik yang lebih sempurna daripada Kantong Semar cabutan alam.

Nepenthes Pitcher of Paradise
Tanaman-tanaman kami.

Lebih jauh lagi, anda bisa memastikan bahwa tanaman kami adalah hasil budidaya melalui adanya batang induk pada mayoritas tanaman yang kami tawarkan. Sesuai yang sudah kami sebutkan bahwa kami melakukan budidaya Kantong Semar menggunakan teknik stek batang, sehingga keberadaan batang induk pada tanaman yang kami tawarkan bisa menjadi indikator bahwa memang benar tanaman yang kami tawarkan tersebut adalah hasil budidaya.

Mengapa kami katakan "mayoritas tanaman yang kami tawarkan" pada kalimat diatas ?. Kerena kami juga melakukan pemisahan anakan (Shoot split) sebagai salah satu cara dalam membudidayakan Kantong Semar. Tanaman baru yang di hasilkan dari teknik pisah anakan, tidak akan terlihat mempunyai batang induk.

Nepenthes Pitcher of Paradise
Batang induk yang kami maksud.

Ada juga species-species asli Indonesia yang kami dapatkan melalui nursery-nursery internasional, seperti N. campanulata. Nursery-nursery tersebut membudidayakan Kantong Semar-Kantong Semar tersebut juga dengan teknik perbanyakan vegetatif yaitu dengan cara kultur jaringan. Sehingga untuk species-species tersebut, kami pun tidak mencabutnya dari alam untuk kemudian ditawarkan ke pasar.

Satu hal lagi yang bisa menjadi indikator bahwa tanaman yang kami tawarkan adalah hasil budidaya adalah jumlah tanaman yang kami tawarkan sangat terbatas. Para poacher cenderung bisa menawarkan tanaman dalam jumlah besar karena mereka hanya perlu mencabutnya dari alam untuk memenuhi permintaan pasar.

Sedangkan tanaman Kantong Semar hasil budidaya cenderung memerlukan waktu yang lebih lama untuk menjadi tanaman yang layak jual. Kedewasaan tiap individu bahan stekan juga menentukan jumlah tanaman yang siap jual. Hal-hal seperti itu sangat mempengaruhi jumlah tanaman yang bisa kami tawarkan pada suatu waktu.

2) Untuk species luar Indonesia dan hybrid alamnya.
Sudah menjadi jelas bahwa kami tidak mencabut langsung Kantong Semar-Kantong Semar yang termasuk dalam kategori ini. Kami mendapatkan Kantong Semar-Kantong Semar yang termasuk dalam kategori ini, dari nursery-nursery internasional yang menerapkan teknik budidaya kultur jaringan.

Klik di sini untuk mengetahui jenis-jenis Kantong Semar dan daerah penyebarannya.

3) Untuk hybrid antara species asli Indonesia dan species luar Indonesia, serta hybrid kompleksnya
Mayoritas Kantong Semar-Kantong Semar yang termasuk dalam kategori ini, juga kami dapatkan dari nursery-nursery internasional dan juga dari komunitas Kantong Semar di Indonesia.

Akhir kata, kami bisa menjamin bahwa semua Kantong Semar yang kami tawarkan berasal dari hasil budidaya dan bukan dari kegiatan commercial poaching (Cabut-jual).

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

No comments:

Post a Comment