Monday, January 27, 2014

Nepenthes (thorelii x merrilliana)

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
2

Nepenthes (thorelii x merrilliana) pitcher of paradise
 Nepenthes (thorelii x merrilliana)

Exotica Plants (EP) dari Australia memang sangat piawai dalam menciptakan hibrida-hibrida Kantong Semar yang cantik-cantik. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam budidaya Kantong Semar, kami pun mengakui bahwa tag line EP yang berbunyi "Our quality is  second to none" ("Kualitas kami tidak ada duanya"), adalah tidak berlebihan.

N. (thorelii x merrilliana) juga merupakan hibrida Kantong Semar hasil silangan dari EP. Seperti yang sudah tertera pada namanya, hibrida Kantong Semar ini merupakan hasil dari persilangan antara N. thorelii dan N. merrilliana. Kedua induknya tersebut adalah sama-sama Kantong Semar yang menghuni habitat Low Land (LL). N. thorelii mempunyai habitat pada ketinggian 0-200 meter diatas permukaan laut (mdpl) dan N. merrilliana mempunyai habitat pada ketinggian 0-900 mdpl [1]. Sehingga sudah pasti hibrida Kantong Semar yang cantik ini, mudah dipelihara di lingkungan LL, seperti pada kebun kami yang terletak pada ketinggian 30 mdpl.

Melihat bahwa salah satu induknya adalah N. merrilliana yang merupakan salah satu Kantong Semar dengan ukuran kantong terbesar di dunia [2], maka adalah bukan tidak mungkin bahwa N. (thorelii x merrilliana) juga akan mempunyai ukuran kantong yang besar. Pada saat post ini ditulis, tanaman N. (thorelii x merrilliana) kami masih mempunyai tinggi sekitar 30 sentimeter (cm) dan sudah mempunyai kantong dengan tinggi 12 cm. Kami berharap, seiring dengan berjalannya waktu, kami akan mendapatkan kantong yang sangat besar dari hibrida Kantong Semar ini.

Nepenthes (thorelii x merrilliana) pitcher of paradise
 Nepenthes (thorelii x merrilliana)

Untuk soal perawatan hibrida Kantong Semar ini di lingkungan LL adalah tergolong mudah. Media tanam yang kami gunakan adalah media standard saja, yaitu campuran cocopeat dan cocochip, sudah cukup untuk membuat hibrida Kantong Semar ini tumbuh dengan subur. 

Intensitas cahaya yang disukai adalah maksimal 70% cahaya diteruskan. Menjemur hibrida Kantong Semar ini pada cahaya matahari full sun bisa menyebabkan bakal kantongnya gagal membentuk kantong karena terbakar cahaya matahari, walaupun daunnya tampak baik-baik saja.

Hibrida Kantong Semar ini sangat menyukai kelembaban, sehingga penyiraman dua kali sehari adalah mutlak dilakukan.

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

No comments:

Post a Comment