Monday, January 20, 2014

Nepenthes (ventricosa x boschiana)

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
3

Nepenthes (ventricosa x boschiana) pitcher of paradise
N. (ventricosa x boschiana)

Nepenthes (ventricosa x boschiana) diciptakan oleh Borneo Exotics di Sri Lanka. Memelihara hibrida Kantong Semar ini pada lingkungan dataran rendah (LL), mempunyai tantangan tersendiri. Hal itu karena kedua induk dari hibrida Kantong Semar ini berhabitat di dataran tinggi (HL), dimana N. ventricosa berhabitat pada 1000 - 2000 meter diatas permukaan laut dan N. boschiana berhabitat pada 1200 - 1800 meter diatas permukaan laut [1]. Satu hal yang membuat hibrida ini bisa tetap di rawat di lingkungan LL adalah karena N. ventricosa sangat adaptif dengan kondisi LL, sehingga dengan perawatan yang tepat, maka hibrida Kantong Semar ini masih bisa tumbuh subur dan membentuk kantong pada lingkungan LL.

Nepenthes (ventricosa x boschiana) pitcher of paradise
 N. (ventricosa x boschiana)

Mengingat bahwa salah satu induk dari hibrida Kantong Semar ini adalah N. boschiana, yang menyukai media yang asam [2], maka penggunaan media standard kami berupa cocochip dan cocopeat adalah sangat cocok sekali karena memang media standard tersebut bersifat asam secara alami. Kami pun menambahkan topping lumut hidup untuk lebih mengasamkan media tanamnya dan untuk menjaga keasaman dari media tanam standard itu sendiri. Dengan racikan media tanam yang demikian, N. (ventricosa x boschiana) bisa tumbuh dengan baik pada kebun kami yang terletak pada ketinggian 30 meter diatas permukaan laut.

Berdasarkan pengalaman kami, hibrida Kantong Semar ini lumayan sensitif dengan perubahan musim hujan dan musim kemarau. Pada musim kemarau, hibrida Kantong Semar ini hanya membentuk kantong-kantong yang kecil atau bahkan gagal membentuk kantong sama sekali. Tetapi pada musim penghujan, dimana suhu lingkungannya menjadi lebih dingin dan lembab, hibrida Kantong Semar ini mampu untuk membentuk kantong-kantong yang lumayan besar dan cantik.

Melihat kesensitifan tersebut, kami tidak pernah meletakan hibrida Kantong Semar ini pada matahari full sun. Penggunaan paranet 70% sinar diteruskan adalah sangat dianjurkan dalam pemeliharaan N. (ventricosa x boschiana) di lingkungan LL.

Dan jangan lupa, penyiraman dua kali sehari hingga media tanamnya menjadi becek, harus dilakukan, untuk menjaga kelembaban tetap tinggi ya...

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

No comments:

Post a Comment