Wednesday, March 13, 2013

Nepenthes (albomarginata x clipeata)

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
3

Nepenthes (albomarginata x clipeata)
Kantong bawah N. (albomarginata x clipeata).

N. (albomarginata x clipeata) merupakan hibrida alam. Merupakan hasil persilangan antara dua induk LL, yaitu N. albomarginata dan N. clipeata. Hibrida Kantong Semar ini banyak ditemukan secara endemik di sekitar habitat N. clipeata.

Seperti biasa, hibrida N. albomarginata selalu dominan ke arah N. albomarginata. Sekilas, bentuk kantong hibrida Kantong Semar ini sama sekali kehilangan bentuk kantong N. clipeata induknya, kecuali bentuk tutupnya yang cembung seperti bentuk tutup N. clipeata induknya.

Hibrida alam ini juga bisa dikenali dari bentuk daunnya. Bentuk daun hibrida alam ini sangat khas tidak seperti daun N. albomarginata yang berbentuk bilah pedang. Bentuk daunnya membesar dan berlekuk di ujungnya, sedikit mengikuti gen N. clipeata induknya.

Daunnya juga berbulu, sesuai dengan daun ke dua induknya yang juga sama-sama mempunyai bulu.

Hibrida Kantong Semar ini lumayan rewel untuk dipelihara di lingkungan LL. Berdasar pengalaman kami, N. albomarginata dan hibridanya lumayan lama untuk beradaptasi di lingkungan baru. Kami mencatat, salah satu N. albomarginata kami membutuhkan waktu 11 bulan sejak di peroleh hingga beradaptasi di pekarangan rumah kami. Tapi bila N. albomarginata dan hibridanya sudah beradaptasi dengan baik di lingkungan barunya, mereka akan sangat rajin membentuk kantong-kantong baru.

Demikian juga halnya dengan N. (albomarginata x clipeata) ini. Kami mencatat, hibrida Kantong Semar ini membutuhkan waktu tidak kurang dari 7 bulan untuk beradaptasi di kebun kami.

Dalam memelihara N. albomarginata dan hibridanya, yang penting adalah kesabaran. Letakan mereka pada sinar matahari 50%-70% (persen diteruskan) dan jaga kelembabannya tetap tinggi, dengan menyiram media dua kali sehari, maka seiring waktu mereka akan membentuk kantong sendiri. Tidak ada gunanya "memaksa" mereka untuk segera membentuk kantong dengan meletakan mereka di matahari fullsun, karena itu hanya akan membakar daunnya. N. albomarginata dan hibridanya yang terbakar daunnya, akan membutuhkan waktu yang semakin lama lagi untuk beradaptasi dan bahkan bisa menimbulkan kematian tanaman itu sendiri.

Soal media, kami menggunakan media standard yang di topping dengan lumut hidup untuk lebih meningkatkan kelembabannya (Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang topping lumut hidup).

Pemberian makan berupa ulat Hong Kong (Zophobas morio) pada hibrida Kantong Semar ini, teramati memberikan hasil yang bagus pada perkembangan ukuran kantong berikutnya.

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

Rujukan: Nepenthes clipeata, Nepenthes albomarginata

No comments:

Post a Comment