Tuesday, October 8, 2013

Sebelum anda memutuskan untuk memelihara Kantong Semar...

Dasar penulisan artikel ini, adalah
1) Studi literatur.
2) Sharing pengalaman pribadi.

Keindahan dan keunikan tanaman Kantong Semar sudah pasti mampu untuk memikat siapapun yang melihatnya, untuk memilikinya. Mungkin anda adalah salah seorang yang baru mengenal Kantong Semar dan sudah ingin memiliki tanaman yang unik ini.

Tapi sudahkah anda memikirkan konsekuensi apa yang akan anda hadapi setelah anda mendapatkan tanaman Kantong Semar anda yang pertama ?. Hal-hal berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda ketahui dan lakukan, sebelum anda memutuskan untuk membeli Kantong Semar anda yang pertama.

1) Kantong Semar merupakan tanaman yang dilindungi
Di dalam Indonesia, semua jenis tanaman Kantong Semar adalah tanaman yang dilindungi oleh Undang-Undang, yaitu:
  • Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999, Tentang: Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa [1]. Dalam lampirannya [2], Kantong Semar tertera pada nomor urut 281.
  • Undang-undang No. 5 Tahun 1990, Tentang Konservasi Sumberdaya Hayati dan Ekosistemnya [3]
Dalam dunia international, tanaman Kantong Semar diatur perdagangannya oleh CITES (Covention of International Trade in Endangered Species). Dan menurut CITES, Kantong Semar masuk dalam Appendix I (2 Species - N. khasiana & N. rajah) dan Appendix II (Species lain selain 2 species yang sudah tertera dalam Appendix I) [4].

Appendix I mendaftar semua species (Hewan dan tumbuhan) yang paling terancam kepunahan dari semua species yang terdaftar dalam CITES.
Sedangkan Appendix II mendaftar semua species (Hewan dan tumbuhan) yang belum serta-merta terancam kepunahan, tapi bisa saja terancam kepunahan dalam waktu dekat jika perdagangannya tidak diawasi dengan ketat [5].

Di Indonesia sendiri, tanaman Kantong Semar terancam dengan perusakan habitat besar-besaran yang terjadi tiap tahunnya., entah karena kebakaran hutan, karena pembalakan hutan dan karena membukaan hutan untuk dikonversi menjadi area industri atau pemukiman baru.

Fenomena banyaknya poacher (Pemburu liar) yang melakukan praktek commercial poaching (Praktek cabut-jual, tanpa adanya upaya perbanyakan dan pelestarian) terhadap tanaman Kantong Semar juga mempercepat laju kepunahan tanaman asli Indonesia ini di alam Indonesia.

Sehingga jika anda sudah memutuskan untuk membeli Kantong Semar pertama anda, maka rawatlah Kantong Semar tersebut dengan sebaik-baiknya, karena mungkin saja anda membeli Kantong Semar itu dari poacher yang sudah mencabutnya dari alam.

2) Anda harus siap meluangkan waktu dan tenaga untuk merawat Kantong Semar anda
Kantong Semar dikenal sebagai tanaman yang umurnya menahun dan memiliki pertumbuhan yang cepat. Kantong Semar juga merupakan tumbuhan yang menjalar. Di alam, Kantong Semar bisa tumbuh menjalar hingga 20 meter keatas.

Nepenthes tentaculata
N. tentaculata menjalar di ketinggian pohon bambu.

Pada kebun anda, beberapa species yang mudah dipelihara, akan mencapai ketinggian lebih dari 1 meter dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun. Kebun anda akan cepat menjadi berantakan karena pertumbuhan tanaman Kantong Semar anda yang tidak terkendali.

Beberapa species Kantong Semar juga sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan di kebun anda (Misalnya suhu dan kelembaban), sehingga bisa menjadi layu tiba-tiba ataupun stagnan (Berhenti) pertumbuhannya. Pada kasus-kasus seperti ini, anda perlu melakukan perawatan-perawatan khusus terhadap Kantong Semar anda, supaya Kantong Semar tersebut bisa melewati masa-masa sulitnya.

Kantong Semar juga memerlukan media tanam yang berbeda dari kebanyakan tanaman yang anda ketahui. Kantong Semar memerlukan media yang tidak bernutrisi yang mungkin perlu dilakukan penggantian berkala untuk menghindari penumpukan mineral yang terjadi akibat penyiraman dengan menggunakan air tanah.

Pertanyaannya, siapkah anda meluangkan waktu dan tenaga untuk merawat tanaman Kantong Semar anda ?

3. Bacalah informasi sebanyak mungkin tentang pemeliharaan Kantong Semar
Ingat, Kantong Semar yang anda punya, adalah tanaman yang terancam kepunahan. Sehingga anda mempunyai tanggung jawab lebih untuk menjaganya agar tetap hidup subur semaksimal yang anda bisa.

Pelajari dahulu jenis apa yang akan anda beli, cari tahu tentang tingkat kesulitan pemeliharaannya dan apakah dia cocok untuk dipelihara di lingkungan tempat anda tinggal. 

Di alam, Kantong Semar tersebar pada daerah yang bisa di kelompokan sebagai:
  • HL (High Land - kurang lebih daerah dengan ketinggian diatas 1500 meter diatas permukaan laut)
  • Intermediate (kurang lebih daerah dengan ketinggian antara 301 - 1499 meter di atas permukaan laut)
  • LL (Low Land - kurang lebih daerah dengan ketinggian 0 - 300 meter di atas permukaan laut)
Kantong Semar yang habitatnya di HL tidak akan bisa dipelihara di LL dan sebaliknya. Jika anda memaksakan hal tersebut, maka itu sudah berarti kematian bagi Kantong Semar yang anda beli.

Klik di sini untuk membaca tentang perawatan beberapa jenis Kantong Semar yang sudah kami ulas.

4. Jangan membeli Kantong Semar karena ketertarikan sesaat
Selalu lakukan berpikir dua kali sebelum anda  memutuskan untuk membeli tanaman Kantong Semar anda. Seperti yang sudah disebutkan, Kantong Semar merupakan tanaman dengan umur yang menahun, sehingga jika anda tiba-tiba bosan dengan tanaman Kantong Semar anda dan lalu menelantarkannya begitu saja, tanpa perawatan, bisa jadi tanaman Kantong Semar anda akan merana dalam waktu yang lama sebelum akhirnya mati.

Kantong Semar yang tidak sehat menunjukan tanda-tanda yang antara lain, tidak mau berkantong, daun barunya mengecil, warna daun menguning, layu dan lain-lain.

Begitu anda sudah memutuskan untuk membeli Kantong Semar pertama anda, anda mempunyai kewajiban untuk merawatnya semaksimal mungkin. Memelihara Kantong Semar bukan merupakan hobi sesaat saja, tapi memerlukan keteguhan hati untuk selalu belajar lebih baik lagi dalam merawat Kantong Semar yang anda punya untuk membantu upaya pelestarian Kantong Semar tersebut.

5. Belilah Kantong Semar hanya dari nursery yang menjual Kantong Semar hasil budidaya
Jika mungkin, selidikilah orang (Nursery) dimana anda ingin membeli tanaman Kantong Semar, dari manakah asal Kantong Semar yang dia jual. Hindarilah selalu membeli Kantong Semar yang berasal dari cabutan alam.

Membeli Kantong Semar hasil cabutan alam berarti anda ikut mendukung kegiatan commercial poaching yang mengancam keberadaan Kantong Semar di alam. Diharapkan dengan menurunnya permintaan pasar akan Kantong Semar cabutan alam, maka kegiatan commercial poaching juga ikut menurun.

Selain itu, Kantong Semar hasil budidaya mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan Kantong Semar cabutan alam. Silahkan baca di sini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

6. Jika anda sudah bosan...
Jangan membuang Kantong Semar anda di sembarang tempat, misalnya menanamnya di tepi sungai samping rumah, menanamnya di hutan yang bukan habitatnya dan sebagainya. Kantong Semar adalah tumbuhan pemakan serangga yang efektif menjebak mangsanya (Mau tahu lebih lanjut ?, klik di sini). Dikhawatirkan, menanam Kantong Semar sembarangan akan mengganggu keseimbangan ekosistim dimana dia di tanam.

Kantong Semar juga merupakan tanaman berumah satu, yang artinya bunga jantan dan betina terpisah di pohon yang berbeda, tidak seperti kebanyakan tanaman lain yang anda kenal dimana bunga jantan dan betina ada di dalam satu kuntum bunga. 

Dengan menanam Kantong Semar anda dengan sembarangan di luar habitatnya,  sudah pasti berarti kematian bagi Kantong Semar itu karena Kantong Semar itu tidak punya kesempatan untuk bereproduksi. Kantong Semar itu akan mati karena usia tua tanpa mampu bereproduksi.

Sesuai yang sudah dijelaskan juga, bahwa media tanam Kantong Semar memerlukan media yang berbeda dari kebanyakan tanaman yang anda kenal. Menanam Kantong Semar dengan sembarangan di luar habitatnya juga bisa berarti kematian bagi tanaman Kantong Semar tersebut karena dia di tanam di media yang tidak sesuai.

Jika anda sudah bosan dengan Kantong Semar anda, maka yang harus anda lakukan adalah:
  • Menghibahkannya ke sesama hobiis Kantong Semar
  • Menjualnya ke sesama hobiis Kantong Semar
Dengan demikian, Kantong Semar itu akan tetap terpelihara dengan baik.

Akhir kata, marilah kita ikut melestarikan Kantong Semar dengan cara mendukung upaya pelestariannya.

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

2 comments: