Wednesday, January 23, 2013

Nepenthes (clipeata x rafflesiana)

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
3

Nepenthes (clipeata x rafflesiana) Pitcher of Paradise
Kantong bawah N. (clipeata x rafflesiana).

Hibrida Kantong Semar ini adalah hibrida alam. Merupakan hasil persilangan antara Nepenthes clipeata dan Nepenthes rafflesiana. Walaupun kedua induknya tinggal pada habitat LL, berdasarkan pengalaman kami, perawatan hibrida Kantong Semar ini gampang-gampang-susah.

Karena kedua induknya adalah Kantong Semar LL, maka tidak diperlukan sesuatu yang khusus untuk menumbuhkan hibrida Kantong Semar ini. Penggunaan media standard yang disiram dua kali sehari dan paparan sinar matahari 70% (persen diteruskan), sudah bisa membuat hibrida Kantong Semar ini tumbuh subur.

Pemaparan sinar matahari fullsun akan membuat daun hibrida Kantong Semar ini berubah warna menjadi merah legam. Bakal kantungnya pun selalu "terbakar" pada paparan matahari fullsun. Sehingga paparan matahari fullsun, tidak disarankan untuk perawatan hibrida Kantong Semar ini.

Nepenthes (clipeata x rafflesiana) Pitcher of Paradise
Daun N. (clipeata x rafflesiana) yang terlalu terpapar sinar matahari langsung.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa perawatan hibrida Kantong Semar ini gampang-gampang-susah. Kesusahannya terletak pada bagaimana perawatan yang baik sehingga hibrida Kantung Semar ini mau memproduksi kantung dengan rajin.

Sulitnya pembentukan kantong itu disebabkan oleh "darah" N. clipeata di dalam hibrida ini. N. clipeata terkenal sangat rewel untuk di pelihara dilingkungan LL, walaupun N. clipeata sendiri adalah tanaman LL. Perubahan suhu dan kelembaban sedikit saja, bisa membuat N. clipeata gagal membentuk kantong, bahkan stagnan pertumbuhannya. Dengan adanya darah N. rafflesiana yang dominan, "darah" jelek N. clipeata itu dapat sedikit diredam. Dengan hadirnya darah N. rafflesiana dalam hibrida ini, hibrida ini menjadi lebih tahan terhadap perubahan suhu dan kelembaban dan tidak serewel N. clipeata induknya. Walaupun begitu, darah N. rafflesiana belum mampu untuk meredam rewelnya "darah" N. clipeata dlm hal pembentukan kantong.

Perawatan standard seperti diatas, menurut pengalaman kami, sudah cukup untuk membuat hibrida ini tumbuh subur, tapi belum cukup untuk membuat hibrida Kantung Semar ini rajin memproduksi kantung pada tiap daunnya.

Menutup permukaan atas media dalam pot dengan menggunakan lumut hidup, sepertinya sedikit membantu proses pembentukan kantong hibrida ini. Hal ini mungkin disebabkan karena lumut hidup aktif mengasamkan media dibawahnya dan semua Kantong Semar adalah tanaman yang menyukai media yang asam (PH 3-5). Lumut hidup juga berfungsi untuk meningkatkan dan menjaga kelembaban media sehingga.

Di lain sisi, kesulitan tersebut, malah menjadikan hibrida ini mempunyai daya tarik sendiri di kalangan hobiis Kantong Semar, karena kesulitan tersebut menjadi tantangan bagi mereka.

Anda siap menerima tantangan ?

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

Rujukan: Nepenthes clipeata; Nepenthes rafflesiana;

No comments:

Post a Comment