Wednesday, January 23, 2013

Nepenthes (thorelii x spathulata)

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
2

Nepenthes (thorelii x spathulata) Pitcher of Paradise
Kantong atas N. (thorelii x spathulata) di LL.

Hibrida Kantong Semar ini merupakan hasil persilangan antara N. thorelii dan N. spathulata. N. thorelii tergolong Kantong Semar Low Land (LL) dengan habitatnya yang terletak pada 0-200 mdpl. Sedangkan N. spathulata tergolong Kantong Semar High Land (HL) dengan habitat yang terletak pada 1100-2900 mdpl.

Walaupun hibrida Kantong Semar ciptaan manusia ini mempunyai "darah" HL, tapi hybrida ini cukup mudah untuk di pelihara di lingkungan LL. Kami telah berhasil merawat hibrida Kantung Semar ini pada kebun kami di ketinggian 30 mdpl.

Nepenthes (thorelii x spathulata) Pitcher of Paradise
Kantong bawah N. (thorelii x spathulata) di LL. Perhatikan sayap kantungnya. 
Sayap ini menghilang saat kantongnya menjadi kantong atas. (Lihat foto diatas)

Hibrida Kantong Semar ini dapat tumbuh dengan baik di LL, pada cahaya matahari 60-70% (Persen diteruskan). Berdasarkan pengalaman kami, memapar hibrida ini dengan cahaya matahari fullsun (100%, tanpa peneduh.), akan menyebabkan bakal kantongnya selalu "terbakar". Walaupun begitu, tampaknya tanamannya selalu tumbuh dengan subur, dengan daun yang tidak "terbakar", dibawah sinar matahari fullsun..

media standard yang kami pakai sudah cukup untuk membuat hibrida Kantong Semar ini tumbuh subur di LL. Syaratnya, kelembaban media harus tetap terjaga, dengan disiram minimal dua kali sehari.

Warna dan ukuran kantung hibrida Kantong Semar ini akan berubah jika hibrida ini dirawat pada kondisi HL atau setidaknya pada kondisi LL yang sedang dalam musim hujan. Kantungnya akan membesar dan bibirnya akan berwarna merah cerah, sesuai dengan "darah" N. spathulata, induknya.

Nepenthes (thorelii x spathulata) Pitcher of Paradise
 Kantong bawah N. (thorelii x spathulata) di LL pada saat musim hujan.

Karena kecantikannya dan tingkat kesulitan perawatannya yang rendah, maka hibrida ini cocok sekali untuk dipelihara oleh siapapun. Coba pelihara yuk !.

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

Rujukan: Nepenthes_thorelii; Nepenthes_spathulata; Elevasi habitat Nepenthes sp

No comments:

Post a Comment