Wednesday, January 30, 2013

Nepenthes 'miranda'

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
2

Nepenthes 'miranda' Pitcher of Paradise
Kantong bawah N. 'Miranda' yang baru membuka.

Hibrida yang cantik ini adalah hasil karya nurseri dari Belgia, yaitu Deroose Plants. Hibrida ini diciptakan dari induk betina N. x mixta dan induk jantan N. maxima. N. x mixta sendiri adalah hasil perkawinan dari N. maxima dan N. northiana. Sehingga, jika ditulis dengan lengkap, maka N. 'miranda' = N. {(maxima x northiana) x maxima}. Cukup kompleks kan ?.

Perlu juga diketahui, bahwa hibrida ini adalah kultivar dan dikembangkan di Belgia melalui teknik kultur jaringan. Artinya, Semua N. 'miranda' yang beredar di dunia ini adalah berasal dari satu individu tanaman yang sama dan berjenis kelamin sama. Semua N. 'miranda' yang beredar berkelamin jantan. Dengan kata lain N. 'miranda' adalah kultifar.

Hibrida ini termasuk sangat mudah di pelihara di lingkungan LL. Kami berhasil memelihara N. 'miranda' dengan baik pada kebun kami yang terletak pada ketinggiannya hanya 30 mdpl.

Dengan pencahayaan matahari 70% dan penyiraman dua kali sehari, sudah cukup untuk membuat N. 'miranda' memproduksi kantong yang besar dan cantik. Untuk urusan media penanaman, N. 'miranda' juga tidak banyak menuntut. Campuran media standard sudah cukup untuk membuat N. 'miranda' tumbuh subur.

Hibrida ini sangat cocok bagi hobiis Kantung Semar pemula yang langsung ingin bergaya dengan kantung Kantung Semar yang besar dan cantik di rumahnya.

Nepenthes 'miranda' Pitcher of Paradise
 Kantung bawah N. 'Miranda'.

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

Rujukan: Nepenthes maxima, Nepenthes by Elevation

No comments:

Post a Comment