Wednesday, February 20, 2013

Nepenthes ('rokko' x alata)

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
2

N. ('rokko' x alata) Pitcher of Paradise
Kantong atas N. ('rokko' x alata).

Siapa bilang Kantong Semar LL kalah cantik dengan Kantong Semar HL ?. N. ('rokko' x alata) adalah salah satu bukti bahwa Kantong Semar LL pun tak kalah cantik dan unik dibandingkan dengan Kantong Semar HL. Dengan bentuk kantong yang unik dan warna merah menyala pada bibirnya, serta bercak khas N. maxima pada kantungnya, menjadikan hibrida Kantong Semar ini wajib di miliki oleh hobiis Kantong Semar siapapun.

Hibrida Kantong Semar ini merupakan hasil persilangan dari tiga species Kantong Semar. N. 'rokko' sendiri adalah hasil persilangan antara N. thorelii dan N. maxima, yang kemudian di kawinkan lagi dengan N. alata. Dari N. 'rokko' lah asal bercak khas N. maxima pada kantung hibrida Kantong Semar ini.

Hibrida Kantong Semar ini sangat mudah di pelihara di LL. Jelas saja, dua dari tiga induknya (N. thorelii dan N. alata) adalah species Nepenthes yang berhabitat di LL, dan N. maxima sendiri adalah species Kantong Semar yang terkenal adaptif di LL

Hibrida Kantong Semar ini tumbuh sangat baik pada paparan sinar matahari 70% (Persen diteruskan). Walaupun pemaparan matahari fullsun juga ditolelir oleh hibrida Kantong Semar ini, kami tidak menyarankan hal itu, karena sesuai pengalaman kami, paparan matahari fullsun banyak membakar calon kantong Hibrida Kantong Semar ini. Ingat, bahwa salah satu induknya adalah N. maxima yang notabene masih ber"darah" HL.

Hibrida Kantong Semar ini juga tidak rewel dalam pemilihan media tanam. Cukup dengan media standard yang dijaga kelembabannya dengan cara penyiraman dua kali sehari, sudah membuat hibrida Kantung Semar ini tumbuh dengan subur.

Hibrida Kantong Semar ini mulai di perkenalkan ke hobiis Kantung Semar pada sekitar tahun 2008 oleh Exotica Plants.

N. ('rokko' x alata) Pitcher of Paradise
Kantong atas N. ('rokko' x alata).


Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

Rujukan:  Nepenthes alata, Nepenthes thorelii, Nepenthes maxima

No comments:

Post a Comment