Friday, February 1, 2013

Nepenthes (mirabilis x eustachya)

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
1

Nepenthes (mirabilis x eustachya) Pitcher of Paradise
Kantung bawah N. (mirabilis x eustachya).

"All in one",  begitulah kami menyebut segala properti yang di punyai oleh N. (mirabilis x eustachya).

Dari segi kecantikan, dengan kantong berukuran besar dengan warna orange yang mencolok dan bibir bulat khas mirabilis tetapi dengan strip-strip khas eustachya, sudah jelas bahwa hibrida Kantong Semar ini sangat cantik.

Dari segi perawatan, hibrida Kantong Semar inipun tidak banyak menuntut. Cukup dengan menggunakan media standard dan penyiraman dua kali sehari, hibrida Kantong Semar ini sudah tumbuh dengan subur.

Hibrida Kantong Semar ini sangat menikmati paparan sinar matahari 70% (persen diteruskan) hingga fullsun. Dengan intensitas sinar matahari tersebut N. (mirabilis x eustachya) akan membentuk kantong dengan rajin dengan warna yang tajam dan cerah.

Mengungat salah satu induk N. (mirabilis x eustachya) adalah penghuni habitat intermediate (red. N. eustachya), maka sejatinya N. (mirabilis x eustachya) juga menikmati perbedaan suhu siang-malam yang besar. Walaupun hal itu tidak mutlak diperlukan dalam perawatan hibrida Kantung Semar ini. Apabila hibrida Kantung Semar ini dipelihara pada lingkungan intermediate atau setidaknya pada lingkungan LL yang sedang dalam musim hujan, maka "darah" N. eustachya akan menunjukan wujudnya. Warna kantong yang semula cuma orange pada lingkungan LL, akan menjadi merah cerah. Warna bibirnya pun yang semula berwarna dasar kuning, akan berubah menjadi merah hingga hampir menyamarkan pola-pola strip-strip nya.

Cantik dan mudah dalam perawatan, cocok sekali untuk melengkapi koleksi Anda.

Nepenthes (mirabilis x eustachya) Pitcher of Paradise
 Warna kantong N. (mirabilis x eustachya) yang memerah pada waktu musim hujan.

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

Rujukan: Nepenthes mirabilis, Nepenthes eustachya

No comments:

Post a Comment