Wednesday, February 27, 2013

Nepenthes (ventricosa x clipeata)

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
4

Nepenthes (ventricosa x clipeata)
Kantung bawah N. (ventricosa x clipeata)

Exotica Plants pertama kali mengenalkan hibrida Kantong Semar ini ke publik, pada sekitar tahun 2009. Seperti biasa, hibrida ciptaan Exotica Plants selalu memukau dan cantik, termasuk N. (venticosa x clipeata) ini.

N. (ventricosa x clipeata) merupakan hasil persilangan antara N .ventricosa dan N. clipeata. N. Ventricosa sendiri sejatinya adalah Kantong Semar yang berhabitat di lingkungan HL. Tetapi N. ventricosa terkenal lumayan adaptif di lingkungan LL. Sedangkan N. clipeata adalah kantong semar yang memang berhabitat di LL pada ketinggian 600-800 mdpl.

The tricky part is walaupun N. clipeata adalah species Kantong Semar yang tidak terlalu mudah dipelihara di lingkungan LL, seperti pekarangan kami yang berada di ketinggian 30 mdpl. N. clipeata lumayan sensitif terhadap perubahan suhu dan kelembaban di suatu lingkungan walaupun dia sudah dipelihara cukup lama di lingkungan tersebut. Perubahan suhu dan kelembaban bisa mengakibatkan N. clipeata mogok untuk membentuk kantong, bahkan stagnan pertumbuhannya secara tiba-tiba.

N. (ventricosa x clipeata) pun mewarisi "darah" jelek N. clipeata tersebut. N. (ventricosa x clipeata) juga lumayan sulit untuk membentuk kantong di lingkungan LL. Faktor kelembaban sangat perlu diperhatikan supaya hibrida Kantung Semar ini mau membentuk kantong.

Kami menggunakan media standard yang kemudian di topping dengan lumut hidup untuk meningkatkan kelembaban media (Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang topping lumut hidup). Penyiraman dua kali sehari juga harus dilakukan. Dari pengalaman beberapa teman-teman sesama hobiis Nepenthes, bahkan ada yang memberi tatakan air pada potnya untuk menjamin kelembaban tetap tinggi.

Sinar matahari yang diperbolehkan adalah sinar matahari 70% (Persen diteruskan). Pemaparan sinar matahari fullsun, akan membuat calon kantung hibrida Kantung Semar ini terbakar, bahkan bisa menyebabkan stagnannya pertumbuhan hibrida ini. Sesuai dengan "darah" N. clipeata, induknya, sekali stagnan, akan lumayan sulit untuk membuat hibrida ini mau tumbuh subur kembali.

Perawatan hibrida Kantong Semar ini di lingkungan HL, akan membangkitkan "darah" N. ventricosa, induknya. Warna kantungnya akan memerah dengan signifikan pada kondisi HL, seperti pada foto salah satu grower senior KTKI (Komunitas Tanaman Karnivora Indonesia) ini.

Chef Gusteau pada film Ratatouille (2007) mengatakan "Anyone can cook... but only the fearless can be great.". Senada dengan ucapan Chef Gusteau tersebut, kami berkata, "Semua orang bisa mengaku sebagai Nepenthes grower yang ahli tapi hanya dia yang tidak takut untuk mencoba hal baru lah, yang betul-betul bisa menjadi Nepenthes grower handal.".

Nepenthes (ventricosa x clipeata)
 Kantung bawah N. (ventricosa x clipeata)

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

Rujukan:  Nepenthes ventricosa, Nepenthes clipeata, Nepenthes by Elevation

No comments:

Post a Comment