Monday, December 23, 2013

Nepenthes gracilis

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
1

Nepenthes gracilis 'a' pitcher of paradise
N. gracilis 'a'

Nepenthes gracilis adalah tanaman Kantong Semar yang umum dijumpai pada daerah Low Land. Menurut wikipedia, N. gracilis dapat ditemui di kepulauan Indonesia yaitu di Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi, sedangkan penyebarannya di luar wilayah Indonesia adalah pada semenanjung Malaysia dan negara Thailand . Habitat N. gracilis terletak pada ketinggian 0-1000 meter diatas permukaan laut, dengan populasi terbanyak berada pada ketinggian dibawah 100 meter diatas permukaan laut.

Menurut U. Bauer. et alN. gracilis mempunyai keunikan tersendiri yang tidak dipunyai oleh Kantong Semar-Kantong Semar lain, yaitu N. gracilis mempunyai lapisan lilin pada permukaan bawah dari tutup kantongnya. Lapisan lilin tersebut, bekerja sama dengan tetesan air hujan, membantu N. gracilis untuk menangkap mangsanya.

Nepenthes gracilis 'b' (Squat) pitcher of paradise
N. gracilis 'b' (Squat)

N. gracilis dialam, mempunyai banyak corak warna, bentuk dan varian. Saat ini Pitcher of Paradise mempunyai 4 varian dari N. gracilis, yaitu:
  • N. gracilis 'a' - dengan kantong berwarna merah, dengan ukuran kantong hingga sebesar jari telunjuk orang dewasa.
  • N. gracilis 'b' (Squat) - dengan bentuk kantong yang bulat.
  • N. gracilis 'c' (Variegata) - dengan daun dan warna kantong yang bercorak variegata.
  • N. gracilis 'd' (Nigropurpurea) - dengan daun dan warna kantong yang kehitaman. 

Nepenthes gracilis 'c' (Variegata) pitcher of paradise
N. gracilis 'c' (Variegata)

Memelihara N. gracilis adalah sama sekali tidak sulit. Pada kebun kami, kami menanam N. gracilis pada media standard, yaitu campuran cocopeat dan cocochip. Penyiraman dua kali sehari hingga media menjadi becek wajib dilakukan, karena N. gracilis lumayan rentan dengan sun burn. Kelembaban yang rendah akan membuat daun-daun N. gracilis menjadi gampang terkena sun burn. Sun burn tersebut, walaupun tidak pernah berakibat fatal bagi Kantong Semar ini, tapi cukup untuk membuat keindahannya hilang. Daun daun kering dan kantong-kantong kering akan memenuhi pohon N. gracilis yang terkena sun burn.

Kantong Semar ini juga tahan terhadap matahari full sun dengan tetap menjaga kelembabannya. Walaupun begitu, kami selalu menyarankan penggunaan paranet 70% (sinar diteruskan) pada para grower Kantong Semar, untuk mengurangi resiko sun burn. Pada beberapa varian, semakin terang sinar matahari yang diterima, maka akan semakin tajam juga warna kantong yang dihasilkan, misalnya pada N. gracilis 'Nigropurpurea' yang diletakan pada sinar matahari full sun, akan semakin gelap warna kantongnya.

Nepenthes gracilis 'd' (Nigropurpurea) pitcher of paradise
N. gracilis 'd' (Nigropurpurea)

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

No comments:

Post a Comment