Wednesday, December 4, 2013

Nepenthes kampotiana

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
1


Nepenthes kampotiana pitcher of paradise
Nepenthes kampotiana

Saat ini, dunia perkantong-semaran masih dibingungkan dengan penamaan dan klasifikasi dari Kantong Semar - Kantong Semar yang penyebarannya berada di daerah Indochina (Burma, Cambodia, Laos, Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam). Penamaan dan klasifikasi dari N. kampotiana termasuk yang dbingungkan juga. Hingga saat ini masih terjadi kebingungan antara N. kampotiana dan N. thorelii di kalangan hobiis Indonesia sendiri.

Deskripsi N. kampotiana dilakukan pertama kali oleh seorang Botanist Perancis bernama Geoffray pada tahun 1909. Deskripsi tersebut dilakukan melalui pengamatan terhadap contoh tanaman yang diambil dari propinsi Kampot di Kamboja. Penemuan kembali N. thorelii (yang sudah dianggap punah) pada 2011 oleh Charles Clarke membawa banyak perkembangan dalam proses klasifikasi N. thorelii dan N. kampotiana. Penelitian lebih lanjut kemudian dilakukan oleh François Mey dan Alastair Robinson melalui ekspedisi mereka ke habitat N. kampotiana pada akhir 2011. Dalam laporannya, François Mey mengatakan bahwa N. kampotiana bisa dibedakan dari N. thorelii dari bentuk daunnya yang kurus dan panjang, serta tangkai bunganya yang tinggi.

Nepenthes thorelii charles clarke
N. thorelii yang ditemukan kembali oleh Charles Clarke (2011)

N. kampotiana adalah species Kantong Semar yang sangat mudah dipelihara di lingkungan LL. N. kampotiana berhabitat di negara Kamboja bagian Selatan, Thailand bagian Timur dan Vietnam bagian barat. Habitatnya berada pada ketinggian 0-600 meter diatas permukaan laut. 

Di kebun kami, untuk menanam N. kampotiana pada media standard, yaitu campuran cocopeat dan cocochip. Penyiraman dua kali sehari hingga media menjadi becek wajib untuk dilakukan. N. kampotiana menyukai sinar matahari fullsun, semakin cerah sinar matahari yang didapat, maka akan semakin cerah dan merona warna kantongnya.

Specimen N. kampotiana yang kami miliki berjenis kelamin jantan dan sudah kami pelihara selama bertahun-tahun.
 
Nepenthes kampotiana pitcher of paradise
Kantong atas Nepenthes kampotiana

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

Rujukan: http://carnivorousockhom.blogspot.com/; Nepenthes kampotiana

No comments:

Post a Comment