Tuesday, December 3, 2013

Nepenthes 'Red Dragon'

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
2

Nepenthes 'red dragon' pitcher of paradise
Nepenthes 'Red Dragon'

Nepenthes 'Red Dragon adalah salah satu kultivar yang dibuat oleh Exotica Plants. Kultivar ini diciptakan pada tahun 1995 oleh Geoff dan Andrea Mansell.

Kultivar Kantong Semar ini merupakan hasil persilangan antara N. thorelii dan N. truncata dan merupakan salah satu jenis Kantong Semar yang mudah dipelihara di lingkungan dataran rendah (LL). Induk betinanya, yaitu N. thorelii, adalah species yang berhabitat di LL pada ketinggian 0–200 meter diatas permukaan laut. Sedangkan induk jantannya, yaitu N. truncata, yang walaupun berhabitat di intermediate (Dataran dengan ketinggian menengah) pada ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut, ternyata sangat adaptif untuk dipelihara di lingkungan LL.

Untuk memelihara Nepenthes 'Red Dragon' di LL adalah sangat mudah. Cukup tanam Kantong Semar ini pada media standard, yaitu campuran antara cocopeat dan cocochip. Berdasarkan pengalaman kami, kultivar Kantong Semar ini cukup toleran dengan kondisi kekeringan, tapi walaupun demikian, kami tetap menyarankan agar anda tetap menyiram media tanamnya dua kali sehari hingga becek, untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kultivar Kantong Semar ini rentan terhadap sunburn pada daun dan calon kantongnya, sehingga menempatkan kultivar Kantong Semar ini pada cahaya matahari fullsun adalah tidak disarankan. Gunakan paranet 60%-70% cahaya diteruskan adalah hal yang paling baik untuk mencegah sunburn pada daunnya dan tanaman tetap mampu membentuk kantong dengan baik.

Daya tarik dari kultivar Kantong Semar ini adalah bibirnya yang lebar, warna seluruh kantong yang merah legam dan kantong yang bisa sangat besar apabila perawatannya benar. Kultivar Kantong Semar ini juga dikenal sangat cepat sekali memproduksi anakan.

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store
Rujukan: http://lhnn.proboards.com/thread/2148

No comments:

Post a Comment