Thursday, February 14, 2013

Nepenthes (ventricosa x adrianii)

Tingkat kesulitan pemeliharaan di LL (1-5):
1 = Gampang, 5 = Sulit
5

Nepenthes (ventricosa x adrianii) Pitcher of Paradise
Kantung bawah N. (ventricosa x adrianii) pada kondisi LL

Hibrida Kantong Semar ini merupakan salah satu hibrida hasil karya grower Nepenthes Indonesia. Memadukan antara dua species HL, yaitu N. ventricosa (1000 - 2000 mdpl) dan N. adrianii (1100 - 2900 mdpl). N. adrianii sendiri, adalah Nepenthes yang hidup endemik di Indonesia. Hibrida Kantong Semar ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2011 oleh Pak Jarwoto, salah satu grower Nepenthes senior KTKI (Komunitas Tanaman Karnivora Indonesia).

Hibrida Kantong Semar ini tergolong sulit untuk di pelihara di lingkungan LL (Setidaknya bagi kami). Sebaiknya, hanya hobiis yang sudah berpengalaman saja lah yang boleh mencoba untuk memelihara hibrida Kantong Semar ini di lingkungan LL.

Sesuai dengan yang sudah dipaparkan diatas, kedua "orang tua" hibrida Kantong Semar ini adalah Nepenthes HL, sehingga, hibrida Kantung Semar ini sangat sensitif dengan suhu yang tinggi. Terlebih lagi, dengan adanya "darah" N. adrianii yang terkenal tidak terlalu adaptif untuk dipelihara di lingkungan LL. Tetapi dengan adanya "darah" N. ventricosa yang adaptif di lingkungan LL, hobiis Kantong Semar masih bisa sedikit bernafas lega.

Kesulitan pemeliharaan hibrida Kantong Semar ini di lingkungan LL adalah bagaimana mensiasati suhu LL yang tinggi dan kelembabab relatifnya rendah.

Tanda-tanda awal bahwa hibrida ini mengalami masalah dengan suhu LL yang tinggi adalah bakal kantung yang selalu "terbakar". Pada tingkat yang lebih lanjut, tepian daun akan mulai menggulung ke bawah dan pada tingkat yang paling parah adalah daun yang coklat mengering yang berujung pada kematian tanaman.

Kami memelihara hibrida Kantung semar ini pada kondisi yang sangat teduh, hanya menggunakan 50% sinar matahari (persen diteruskan). Penyiraman dua kali sehari harus dilakukan pada media standardnya. Men-topping media standard dengan lumut hidup, juga membantu menjaga kelembaban media lebih lama (Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang topping lumut hidup).

Pengalaman kami, tanaman ini tidak rajin memproduksi kantung di lingkungan LL. Ukuran dan warna kantugnya pun tidak sebesar dan setajam seperti bila tanaman ini dipelihara di lingkungan HL.

Tetapi, menurut kami itu adalah keasyikan dan tantangan tersendiri dalam memelihara hibrida Kantung Semar ini di lingkungan LL. Ayo, siapa berani ?

Nepenthes (ventricosa x adrianii) Pitcher of Paradise
Warna kantung N. (ventricosa x adrianii) pada kondisi HL jauh lebih tajam
daripada jika dipelihara pada kondisi LL. (Bandingkan dengan foto diatas).

Selamat berkebun,

Edwin Dwianto - 08123254373, Online Nepenthes store

Rujukan: Nepenthes ventricosa, Nepenthes spathulata, Nepenthes by Elevation

2 comments:

  1. win, aku pesen ventricosa x adrianii yang jantan hehhehehehee, pak we

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak We, nanti kl ready akan sy kabari.
      Tapi sy belum tahu (ventri x adri) sy jantan atau betina, krn belum berbunga.
      Sy juga belum bs stek, krn tanaman msh kecil

      Delete